Bagaimana Cara Menyimpan Terasi Yang Benar?


Source wikipedia




Bagaimana Cara Menyimpan Terasi Yang Benar?

Semalam Gw dan misua mabuk terasi gaesss. Gegara gw goreng terasi. Gw kagak ngerti, kenapa bau terasinya masih lengket memenuhi kamar kost gw? Waktu gorengnyapun pintu gw buka lebar-lebar. Supaya sirkulasi udara keluar. Tapi anehnya baunya masih tajam. Semalaman kita harus berdamai dengan bau terasi😄

 Pengharum ruangan dan aroma kopi juga nggak bantu ngurangi. Padahal udah gw masukin ke botol, di tutup rapat pula. Dan akhirnya kepaksa terasi tersebut gw buang. Dan syukurlah baunya udah berkurang. Keknya gw harus general cleaning kamar neh.

Hehhee.. karena misua termasuk orang yang kagak suka terasi. Beliau tidak suka dengan aromanya yang tajam dan gw suka usil masih tetep goreng terasi🙃 nah lho. Yah meskipun gw bukan penggemar berat terasi, tapi kadang pingin sesekali bikin sambal terasi plus lalapan.Jadi gw beli aja terasi yang rada banyak sekalian untuk stok. Eh..kagak tahunya begini.

Gw jadi bertanya-tanya adakah yang salah dengan cara penyimpanan gw🤔

Yuk mari kita telusuri.

Terasi, adalah salah satu bahan masakan yang kerap dipakai oleh masyarakat. Dan seperti bumbu wajib terasi kudu ada di tiap dapur. Terasi bisa ditambahkan pada tumis, sambal daging dan masakannya akan jauh lebih nikmat. Memilih terasi yang baik dan enak juga ada caranya.

👍 Asal daerah yang buat. Konon terasi Juwana itu enak. Kalau daerah gw, terasi dari puger.
👍Bahan: dari rebon atau ikan. Apakah bahannya segar atau malah sebaliknya.
 👍 warnanya coklat kehitaman, bahkan keunguan. Kalau ada yang warnanya.pink, hati hati,siapa tahu ada tambahan warna.
👍Kalau dipegang teksturnya padat namun bila diambil dikit gampang.
👍Aromanya tidak terlalu menyengat.
👍Tidak meninggalkan bekas warna ditangan.

Untuk mengurangi bau dan mengeluarkan rasa.biasanya terasi di bakar, di kukus atau di goreng terlebih baru ditambahkan pada masakan.

Penyimpanan terasi sebenarnya bisa pada suhu ruang namun ada pula yang menyarankan terasi yang telah dibuka sebaiknya disimpan di kulkas dalam wadah tertutup supaya aromanya tidak keluar dan mengkontaminasi makanan lainnya. Cara ini lebih aman, sebab kita tidak khawatir terasinya tidak terkena bateri dan lebih awet selama berbulan-bulan.

So, lain kali kek ya gw beli terasi dikit aja kali yak biar lebih aman😆

Salam sukabeda




Comments

Popular Posts