Abon Lele


abon lele


Belum pernah kepikiran buat abon lele. Ngebayangin aja ribet, karena waktu masaknya lama. Bukan gimana sih, terkadang kudu bener-bener maksimal handle waktuku antara masak, beberes rumah plus nyuci, setrika dan ngevlog sudah selesai jam 8.30 pagi. Supaya jam 9 bisa buka warnet. Kalau sudah buka warnet aku nggak bisa ngapa-ngapain, kudu dijaga hingga jam 10 malam.

Ngevlog, terkadang bisa menghabiskan waktu antara 1-2 jam. Itupun tergantung dari moodku juga, kalau pas moodku bagus, sekali record selesai. Kalau nggak beuh bisa beberapa kali ambil. Untungnya pas masak, hal itu jarang terjadi. itulah satu alasan juga,kenapa aku lebih memilih masakan simple yang sudah ku kuasai, kalau nggak, waks..berabe dan berat diongkos.,kalau gagal terus. Wong aku juga disini masih belajar juga je.Hihihihihi

Tetapi yang namanya rasa penasaran, terkadang nggak bisa di stop. jadi nantangin diri sendiri. Supaya bikin. biar ntar nyenyak tidurnya, hehehhehee.... Dan hasilnya amat sangat memuaskan! Anakku suka, teman-temannya juga suka! Alhamdulillah! Temanku juga nyaranin, nggak kamu jual nih? Waduuhhhh, aku menggeleng. Lebih baik aku memberikan itu sebagai hadiah. Dan melihat senyum kebahagiaan mereka. Note, bukan jiwa penjual neh!

Catet ya langkah dan resepnya

langkah satu

1 kg ikan lele, bersihkan dan lumuri dengan perasan jeruk nipis, diamkan sebentar. kukus selama 15 menit, di dalam panci panas yang sudah diberi alas daun pisang. Tujuannya ini supaya lele wangi. 

langkah dua
Haluskan bumbu halus yang terdiri dari:
5 siung bawang putih
4 siung bawang merah
1/2 bawang bombai
2 buah cabe merah besar
1 ruas kunyit
1/2 lengkuas
3 buah kemiri
1 sdm ketumbar
garam
kaldu

untuk garam dan kaldu saya tidak mencampurnya langsung ke dalam bumbu halus.

siapkan juga bumbu tidak halus
5 daun salam
2 btg sereh
1 sdm air asam jawa
1 sdm gula merah
1 buah santan kara

minyak secukupnya untuk menggoreng  lele.

Langkah tiga
suwir ikan lele, dan buang duri-durinya

langkah ke empat
Panaskan wajan, setelah itu masukkan minyak goreng secukupnya. tumis bumbu halus hingga harum, lalu masukkan bumbu tidak halus kecuali santan kara. Kemudian masukkan daging ikan lele, aduk aduk hingga bumbu merata, kemudian masukkan santan, lalu garam dan kaldu bubuk. Goreng hingga lele berubah warna coklat.Angkat dan letakkan pada wadah yang tekah diberi alas tissue, gunanya untuk menyerap minyak. Biarkan dingin. Setelah dingin baru pindahke ke wadah lain yang telah dialasi dengan kain tipis, kemudian peras minyak. 

Comments

Popular Posts