Makanan dan Minuman Dari Bunga Marigold




Makanan dan Minuman Dari Bunga Marigold

Aku senang bereksperiment dengan bahan bahan yang ada di sekitarku. Dan saat melihat bunga marigold di pasar. Warnanya yang cantik membuatku terpesona. Karena itu aku suka menjadikannya untuk mempercantik ruangan. 

Mendadak keingintahuanku membuncah. Apakah aku bisa membuat makanan dari bunga ini? Akupun membeli 5000 perak. Dapat sekantung plastik, ukuran kecil. Ntah berapa kuntum aku dapat. Aku tak menghitungnya. 

Setibanya dirumah, lantas aku browsing di internet.

Di Bali, orang-orang menyebutnya dengan bunga mitir, biasanya dipakai untuk bunga di canang sari. Sedang di Jawa, kami menyebutnya dengan telek telekan. Mungkin karena baunya yang nggak enak, dan warnanya yang kuning. Jadi orang mengingat t*i.

Well, setelah mendapatkan referensi kalo bunga marigold itu termasuk edible flower, aku baru berani mencicipi  bunga tersebut. Rasanya hambar. 

Dan ada yang bilang bunga marigold ini sebagai bunga saffron yang murah. Mungkin maksudnya keberadaannya bisa menggantikan bunga saffron. Yang harganya mahal itu. 

Kalian tahu tidak, ternyata bunga marigold ini baik untuk kesehatan dan kecantikan lho. Ini dari beberapa sumber yang ku rangkum.

Manfaatnya diantaranya:
Mengeluarkan racun dalam tubuh
Mengobati masalah pencernaan
Melawan radikal bebas
Mengobati demam dan sakit tenggorokan
Anti jerawat dan bisa membuat wajah glowing kalau dibuat masker.

Etapi... Harap dicatat, sebaiknya test dulu apakah ada riwayat alergi atau nggak. Itulah salah satu alasanku juga sampai bereksperiment 3 hari. Supaya aku tahu juga apakah ada reaksi yang timbul. Alhamdulillah aman.

Dan katanya orang hamil tidak boleh mengkonsumsi bunga ini karwna bisa mengakibatkan keguguran.



Tumis bunga marigold dan timun
Timun, buang bagian dalamnya, potong dadu
Bawang bombai, secukupnya cincang kasar
Bawang putih, secukupnya cincang kasar
Bunga marigold.yang dikeringkan sebentar. Secukupnya.
Saus raja raja
Garam
Kaldu bubuk
Minyak menumis
Cara membuat, tumis sampai harum Bawang bombai dan bawang putih. Kemudian masukkan timun, aduk, kemudian tambahkan garam dan kaldu bubuk, saos raja rasa aduk rata, dan masukkan bunga marigold. Masak kurang lebih 2 menit.

Sup Telur dan bunga marigold
1 Telur ayam, kocok
1/2 sdm tepung beras ketan. Aku pake ini karena tidak ada stok tepung maizena
2 siung bawang putih, cincang kasar.
Bawang bombai, cincang kasar secukupnya.
1 gelas air
Bunga marigold yang dikeringkan sebentar.

Cara membuat
Masukkan air, tambahkan tepung beras ketan aduk rata. Hidupkan api sedang. Masukkan bawang bombai dan bawang putih. Aduk-aduk hingga mendidih. Masukkan kocokan telur,aduk terus, tambahkan garam, kaldu bubuk dan bunga marigold. Masak sebentar. Lalu angkat. Enak banget saat dinikmati hangat.

Puding susu bunga marigold
Agar agar, plain
1 sachet SKM
3 sdm gula putih
Sejumput garam
Bunga marigold kering
Dua gelas air
Cara membuat
Didihkan air, setelah itu masukkan bunga marigold, aduk sebentar, buang bunganya. Dan dinginkan airnya. Setelah dingin masukkan agar agar, gula, skm (susu kental manis) garam dan panaskan kembali. Masukkan dalam cetakan. Enak banget di konsumsinsaat dingin.

Sedangkan untuk membuat teh dari bunga ini cara membuatnya sama dengan membuat teh. Tinggal diberi jahe atau jeruk nipis sesukanya kalian.

Videonya disini ya

Salam sukabeda

Comments

Popular Posts