Resep Olahan Kare Terong Ungu Bakar





Sebetulnya resep ini tidak sengaja aku buat. Pun begitu dengan Pepes Terong dan Tahu Bakar yang aku buat posting sebelumnya.

Ceritanya aku ada ide untuk memasukkan adonan telur dan potongan daging terong kedalam terong.  Setelah itu terongnya dibakar.  Aku tak punya oven, hanya pan yang biasa kupakai.

Tapi... aku tak.mau pakai itu. Aku mau terongnya berbau lebih harum. Lantas aku ingat. Bapak kos masih punya sisa genteng. Aku meminta satu ke beliau. Alhamdulillah dikasih. Namun...  Bakarnya lama sekali. Hampir satu jam an. Ntah karena gentengnya yang terlalu tebel atau apiku yang kurang besar.
Hasilnya tidak sesuai dengan yang ku bayangkan. Bentuknya acakadul😅.

Untuk menghibur hati, akhirnya aku berinisiatif untuk membuatnya menjadi hidangan yang berbeda. Ide kare
pun muncul.

Sedangkan sisa adonan isian terong tadi. Aku tambahkan  tahu dan akhirnya jadi pepes terong tahu.

Dan sungguh.... Hasilnya sangat memuaskan hati.

Rasa terong yang dibakar, membuat rasa kare terongnya jauh lebih nikmat dari terong biasa. Misua dan anak wedok suka.

Untuk memperkuat rasa bumbu karenya aku tambahkan lagi irisan bawang merah, bawang putih, cabe serta daun salam.

Bahan:
2 buah terong, bakar diatas kompor yang dialasi genteng. Kalau tidak ada genteng bisa di skip. Alasi saja pan pake daun.
1 santan kara
Air secukupnya
Kaldu bubuk

Bumbu kare. Aku pake merk bambu
Bumbu tumis
4 siung bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
4 buah cabe rawit, iris
2 lembar daun salam

Salam sukabeda



Comments

Popular Posts