Resep Terong Magic

sukabeda
Beberapa waktu yang lalu, aku bertemu dengan teman dunmay sekaligus kompasianer. Ini pertama kalinya kami bertemu di Dapoer Cak Asmo yang terletak di jalan mahendradata bali, sekaligus buka puasa.

Menurut rekomendasi temanku, makanan disini enak, harganya standart dan cocok untuk keluarga. Mmm... Menarik juga untuk dicoba.

Ku sempatkan juga untuk membuka review Dapoer Cak Asmo. Katanya nih, kalau kesini kudu pesen Magic terong. Wahh... Sebagai penyuka terong, aku harus mencobanya. Yess!!

Daaannnn..... Magic Terongnya datang. Ku cicipin dengan antusias. Terongnya diiris tipis bulet dan dilapisi dengan tepung, krispy. Kemudian dimasak dengan kecap manis serta campuran saus lain. Kecap manisnya menurutku terlalu kuat. Lantas muncul sebuah ide, aku mau membuatnya dengan taste ala suka beda.

Dan well, akhirnya aku bener - bener membuatnya. Malah dua kali, karena video yang pertama nggak ke simpen semua. Untungnya lagi misua dan anak kesayangan nggak protes karena emaknya masak menu yang sama dalam dua hari. Happynya lagi, mereka terong magicnya tandas. Anak wedok malah memuji, enak, terongnya kriuk - kriuk. Yups. Terong magicnya memang jauh lebih enak langsung di nikmati setelah dimasak. Kalau di diamkan terlalu lama, tepungnya jadi lembek.

Resep
1 terong sedang iris tipis
1/4 bawang bombai
2 bawang putih
3 bawang merah
3 buah cabe merah besar
4 sdm kecap saya pake merk b*ng*
2sdm saos tiram
3 sdm tepung terigu munjung
1 sdm tepung kanji
Air secukupnya
Minyak goreng secukupnya
1sdm margarin
Royco rasa sapi

Cara Membuat
Iris tipis terong, sisihkan. Iris bawang bombai, bawang putih, bawang merah, cabe merah besar. Sisihkan.
Ambil wadah, dan masukkan tepung terigu dan kanji, royco secukupnya, dan tambahkan air sedikit demi sedikit. Aduk rata dan masukkan irisan terong. Aduk rata kembali.
Setelah itu, panaskan wajan dengan api sedang, goreng terong hingga kecoklatan di kwdua sisinya.
Sambil menunggu, dalam wadah kecil, kita membuat saos, kecap manis dan saos tiram dan aduk, ini kita lakukan supaya rasa saos tercampur rata sempurna dan mendapatkan rasa yang kita inginkan.
Setelah selesai menggoreng terong. Kurangi minyak, sisakan kurang lebih 1 sdm, kemudian kita tambahkan margarin dan tumis bumbu iris hingga harum, setelah itu masukkan saos. Setelah sausnya meletup letup masukkan terong tepungnya, tambahkan royco rasa sapi bila suka. Karena rasa saos tiramnya sudah asin, maka tak perlu lagi menambahkan garam. Lalu aduk aduk hingga tercampur rata. Masak sekitar 3 menit, matikan kompor, angkat, letakkan dalam piring saji dan segera sajikan.


Salam sukabeda

Comments

Popular Posts