Ayam Suwir Bunga Honje




Kita bersyukur tinggal di Indonesia nan kaya. Selain memiliki keindahan Alam,keaneka ragama budaya. Indonesia juga menyimpan sejuta rempah yang membuat kuliner kita sangat menakjubkan

Dulu, sewaktu bekerja di salah satu Resort Hotel di Ubud. Ada menu kantin yang membuatku jatuh cinta. Sambal honje! Yang disajikan dengan ikan goreng. Seluruh saraf pengecap lidah bertepuk tangan, karena sensasinya luarbiasa nikmat. Menu sederhana namun menciptakan memory tak terlupa.

Sambal honje tak hanya sedap dipadukan dengan ikan, dengan ayampun pas. Namun, saat kembali ke Jember, aku sedih karena disana sulit mendapatkan bunga atau batang honje.

Dan aku bersyukur bisa kembali ke Bali.

Honje, kecombrang atau kincung adalah salah satu tanaman rempah. Batang atau bunganya digunakan untuk campuran masakan. Bunga honje yang dipakai adalah kuncupnya.Selain sambal honje, aku belum pernah mencicipi atau membuat masakan lain yang terbuat dari bahan tersebut.

Dan ternyata selain sedap untuk dinikmati. Bunga honje memiliki khasiat diantaranya adalah:
Sebagai antioksidan dan anti bakteri
Membantu membersihkan sirkulasi.darah
Membantu menghilangkan bau badan
Mengatasi masalah kulit
Mengurangi kram.saat menstruasi
Sebagai penguat rasa masakan.

Resep ayam suwir bunga honje
1/2 dada ayam
1 ruas jahe, geprek
2 siung bawang putih.

Sambal honje
2 bunga honje ( kuncup). Iris halus
5 batang sereh, ambil bagian putihnya, iris halus
6 siung bawang putih, iris halus
8 siung bawang merah, iris halus
Cabe rawit iris.halus
I jeruk lemop
Garam, kaldu bubuk bila suka
Minyak untuk menumis

Cara membuat
Rebus ayam hingga empuk. Kemudian sisit/ suwir. Panaskan wajan, tambahkan 4 sdm minyak goreng. Goreng ayam.sekitar 5 menit. Angkat, sisihkan..panaskan wajan lagi. Beri minyak 5 sdm tumis sambal honje hingga harum, lalu tambahkan ayam. Aduk rata. Tambahkan garam, kaldu bubuk, perasaan jeruk lemo. Aduk rata lagi. Tes rasa. Masak 5 menit. Angkat dan sajikan

 





Comments

Popular Posts