Chicken Wing Manchuria

Sukabeda



"Mama, ayamnya enak! Bumbunya seperti Korea". Puji anak kesayangan, sambil menggigit ayamnya dengan lahap. Hatiku berbunga-bunga. Setiap emak dan koki pasti seneng kalo makanan yang dimasaknya dibilang enak dan disukai.

Perpaduan rasa antara manis, asam, asin dan gurih dalam Chicken Wings Manchuria memang pas. Gula merah dan air jeruk nipis sebagai pengganti cuka membuat rasanya semakin autentik. Aku memang menggantikan cuka dengan perasan jeruk nipis, supaya rasa asamnya tidak terlalu strong. Karena misua dan anakku tak menyukai rasa dan bau cuka. Aku juga tidak menggunakan paprika sebagai gantinya aku pake cabe rawit. Intinya kita pake apa ada yang ada didapur .

Resep Chicken Wings Manchuria
1/2 kg sayap ayam, potong menjadi dua bagian.
1 wortel sedang, potong serong
1/4 bawang bombai potong sesuai selera
4 siung bawang putih, iris tipis
3 buah cabe rawit
3 sdm tepung jagung ( maizena)
1 sdm tepung terigu
1 telur, diambil putihnya saja
4 sdm kecap manis merk ban**
2 sdm saus tiram
2 sdm gula merah,sisir halus
1 sdm air jeruk nipis
Air maizena. 1/2 sdm maizena plus air.
Garam sesuai sesuai selera
Kaldu bubuk bila suka.
Minyak goreng

Cara membuat
Masukkan sayap ayam, tambahkan putih telur, tepung jagung, tepung terigu,garam dan kaldu bubuk. Lalu campur rata.

Panaskan wajan, tambahkan minyak goreng yang banyak. Setelah minyak panas, kecilkan api, pake api sedang supaya ayamnyan tidak kebiri gosong. Lalu kita goreng ayamnya ( deep frying) sampai matang kecoklatan. Angkat, tiriskan. Diamkan selama 15 menit. Kita goreng kembali biar lebih crispy.

Setelah itu kurangi minyak, sisakan sekitar 4 sdm. Kemudian tumis bawang putih, bawang bombai dan cabe hingga harum. Lalu masukkan wortel aduk rata hingga layu. Campur kecap manis dan saos tiram dalam wadah aduk. Dan masukkan dalam wajan, tambahkan gula merah. Aduk rata, tambahkan ayam, perasan jeruk nipis, dan air maizena. Aduk rata kembali dan masak hingga meletup letup air menyusut. Angkat dan sajikan.



Salam sukabeda
Have a nice day all

Comments

Popular Posts