Buat Cabe Bubuk Sendiri, Yuk!


Waktu lalu, saya kehabisan stok cabe bubuk untuk Menu Bihun Lalah. Waks...alhasil lempuyengan juga nih, karena di Toko langganan juga stok habis. Adanya nyari online. Males, kalo cuma nyari dikit. Bukan gimana, mahal di ongkir bo. Dan biasanya saya tak stok banyak.

Berhubung, harga cabe masih terjangkau, jadi kepikiran bikin sendiri bubuk cabe di rumah. Itung-itung bereksperimen. 

Pertama saya beli cabe dulu. Pilihan saya cabe setan dan cabe keriting. Karena bereksperimen. Jadi saya bikinnya dikit dulu. Nggak pake takaran😊. Setelah itu di jemur. Nah.... urusan menjemur nih masalahnya. Karena kami tinggal di kost. Dan tempat yang paling panas dan bersih adaah teras. Hari kedua dan ketiga oke, panas matahari lumayan terik. Hari ketiga ujan, pun egitu dengan hari ke empat. Alamak. 

Rada sedih nih hati, khawatirnya cabe keringnya kagak bagus. Lalu misua ada ide dengan membelah cabe jadi dua, tapi nggak sampai putus. Alasannya sih biar cepet kering. Beneran Ternyata. 

Setelah seminggu bersabar, akhirnya cabe kering juga. Siap siap nih. Tapi sebelum di blender. Cabenya saya sangrai dulu. Tujuannya sih, biar aroma cabenya keluar. Hatsyiiiiin.... seiisi kamar bau cabe. 😂. Setelah cabe dingin, barulah saya blender cabenya. 

Lumayalanlah hasilnya, cucok meong kalo buat taburan pedas. Huawwww..kalo saya mah kagak puat. Asli banget pedes poll. sejimpit saja sudah membuat mata saya melotot kepedesan. hehhehe.

Yuk ah, bikin sodara-sodara!




Comments

Popular Posts