Cap Cai Bakso Sukabeda


Pas jalan-jalan pagi, aku ketemu warung yang jualan sayuran. Iseng ku datangi, siapa tahu toh, harganya lebih murah. Lumayan kan, bisa hemat dikit. Semenjak berjualan makanan, aku mulai terbiasa membandinkan harga antara warung satu dan lainnya. Karena aku tak pandai menawar. Lagian kasihan juga yang jualan kalo di tawar-tawar. Berapa pula untungnya. Aku memang jarang pergi ke pasar, kebanyakan ke warung dan penjual yang berjualan di pinggir jalan. Mereka harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar. 

Terus, di warung tersebut, ada jual bakso ayam dan bakso sapi, sebungkus harganya 2000 perak. Hah! apa nggak salah? Pura-puraku kaget. hehhehe sekaligus kesenangan. Ku belilah 5 bungkus. Isinya ada 7 bakso. Well, tak ada salahnya mencoba. Dan yang menyenangkan harga di warung si mba cantik ini lebih murah dengan warung yang biasa ku beli. 

Sepanjang perjalanan, jadi kepikiran untuk membuat cap cai bakso. Di rumah masih ada sawi hijau, bunga kol dan wortel.

Resep Cap Cai Bakso

Bakso sapi sesuai selera,
bunga kol, dipakai semua, tangkai dan daunnya, iris tipis.
wortel, potong sesuai selera
sayur ijo, potong sesuai selera

Bumbu
1 sdm bumbu putih
1 sdm saos tiram
1 sdt gula putih
garam dan kaldu bubuk sesuai selera
air secukupnya
1 sdm minyak goreng
1 sdt tepung maizena + air

Cara membuat
Tumis bumbu putih hingga harum, kemudian masukkan sayuran, beri air secukupnya, tunggu hingga air mendidih. Lalu masukkan saos tiram, gula putih, garam. Tes rasa, setelah itu, masukkan air pkus maizena, masak kurleb 3 menit. angkat dan sajikan.






Comments

Popular Posts